Kamis, 04 Oktober 2012

Hasil Wawancara

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah hirabbil’alamin, puji syukur kehadirat Allah S.W.T. yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan wawancara dan menulis laporan hasil wawancara pada tanggal 22 April 2012.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan laporan hasil wawancara ini adalah Untuk membangkitkan motivasi generasi muda agar mempunyai cita-cita yang positif dan memiliki masa depan yang lebih baik. Untuk membangkitkan semangat orang-orang yang pengangguran atau di PHK. Untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan bertahan dalam persaingan berwiraswasta
Laporan ini disusun berdasarkan wawancara yang saya lakukan dengan seorang narasumber yang bernama Bapak Hapidin .
Dalam kesempatan ini saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada narasumber yang telah memberikan informasi dan semua pihak yang telah membantu dalam membuat laporan hasil wawancara.
Akhir kata, mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan saya juga berharap kritik dan saran dari pembaca atas segala kekurangan dalam hasil wawancara ini.

Brebes, 22 April 2012

Penyusun



Daftar Isi
Halaman Judul............................................................................................................. i
Kata Pengantar............................................................................................................ ii
Daftar Isi..................................................................................................................... iii
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................................................... 1
Latar Belakang............................................................................................................ 1
Tujuan Penulisan.......................................................................................................... 1
Metode dan Teknik Penulisan ..................................................................................... 1
Sistematika Penulisan................................................................................................... 2

BAB 2 Isi Pembahasan................................................................................................ 3
Laporan Hasil Wawancara........................................................................................... 3
Wawancara.................................................................................................................. 3

BAB 3 PENUTUP........................................................................................................ 6
Kesimpulan................................................................................................................... 6
Saran............................................................................................................................ 6
Lampiran Biografi Bapak Hapidin.................................................................................. 7







BAB 1
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
                Wiraswatawan ialah seorang yang memiliki dorongan untuk menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan, disertai modal dan resiko, serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi atas usahanya tersebut.
Berwiraswata bisa dilakukan oleh siapapun asalkan punya mental yang kuat, untuk menghadapi persaingan dalam berwiraswata, wiraswastawan harus bisa bertahan dengan cara apapun asalkan halal.
Bewiraswasta berguna bagi orang-orang yang pengangguran atau orang yang dipecat dalam pekerjaannya dengan membuka usaha yang baru serta wiraswata juga untuk membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

     2. Tujuan Penulisan
Tujuan disusunnya hasil wawancara adalah :
  • Untuk membangkitkan motivasi generasi muda agar mempunyai cita-cita yang positif dan memiliki masa depan yang lebih baik.
  • Untuk membangkitkan semangat orang-orang yang pengangguran atau di PHK.
  • Untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan bertahan dalam persaingan berwiraswasta.

     3. Metode dan Teknik Penulisan
Metode dan teknik penulisan dalam penyusunan hasil wawancara adalah dengan cara wawancara secara langsung dengan narasumber.



     4. Sistematika Penulisan
     Penyusunan laporan hasi wawancara ini meliputi 3 BAB, antara lain:
  • Bab 1 Pendahuluan, meliputi : Latar belakang, Tujuan penulisan, Metode dan Teknik penulisan, Sistematika penulisan.
  • Bab 2 Isi Pembahasan, meliputi : Laporan hasil wawancara, Wawancara
  • Bab 3 Penutup, meliputi : Kesimpulan, Saran.



























BAB 2
Isi Pembahasan
Laporan Hasil Wawancara
Judul Wawancara : Bertahan dalam persaingan berwiraswasta
Hari/Tanggal : Minggu, 22 April 2012
Waktu : 10.15 WIB
Tempat : Jalan Raya Klampok No 59 ( Rumah Bapak Hapidin )
Narasumber : Bapak Hapidin
Pewawancara : Haerun Nisa

Wawancara saya dengan Bapak Hapidin

Nisa : Assalamualaikum wr.wb
Bapak Hapidin : Walaikumsalam wr.wb
Nisa : Maaf Pak saya mengganggu waktu Bapak, saya Haerun Nisa dari SMA 3 Brebes, saya mendapat tugas untuk mewawancarai seseorang, bolehkah saya mewawancarai Bapak?
Bapak Hapidin : Tentu saja boleh.
Nisa : Kapan Bapak membuka usaha foto copy ini?
Bapak Hapidin : Saya sudah lama membuka usaha ini, ± 26 tahun tepatnya tahun 1986 dan mungkin saya orang pertama yang membuka usaha foto copy di desa Klampok.
Nisa : Wah sudah lama sekali Pak, sebelum Bapak berwiraswasta, apa pekerjaan Bapak?
Bapak Hapidin : Ya begitulah nak, dulu saya bekerja di salah satu toko, sama toko itu toko foto copy, itu sebabnya saya mengikuti usaha membuka foto copy dan saya berpikir di desa ini belum ada yang membuka usaha ini, dan saya banyak belajar serta mendapat banyak pengalaman sebelum saya membuka usaha ini.
Nisa : Mengapa Bapak berpikir untuk berwiraswasta, padahal Bapak sudah mendapatkan pekerjaan yang penghasilannya lumayan?
Bapak Hapidin : Karena berwiraswata adalah cita-cita saya. Memang saya sudah betah bekerja di toko itu namun saya ingin mewujudkan cita-cita saya sejak dulu. Saya membuka usaha ini pun saya nekat, tapi dengan usaha keras saya akhirnya saya bisa mewujudkan cita-cita walaupun cobaan dari Tuhan selalu ada.
Nisa : Apakah Bapak mempunyai cabang untuk usaha ini? Dan dimana tempatnya?
Bapak Hapidin : Saya tidak mempunyai cabang atau toko yang lain, ini adalah toko satu-satunya yang saya miliki. Sebelum saya punya rumah untuk membuka usaha ini saya menyewa rumah. Keuntungan yang saya peroleh saya tabungkan untuk membeli rumah.
Nisa : Sekarang banyak orang yang mengikuti usaha seperti Bapak, bagaimana cara Bapak agar tetap bertahan dalam persaingan?
Bapak Hapidin : Awalnya saya senang banyak orang yang mengikuti usaha saya, saya berpikir mereka terinspirasi dari saya tapi lama-lama saya tidak berpikiran seperti itu, karena semakin banyak yang mengikuti usaha seperti saya penghasilan saya semakin menurun padahal di zaman sekarang untuk makan saja susahnya minta ampun. Tapi untuk mempertahankan usaha saya dan bertahan dalam persaingan, dulu saya sering membuat kalender setiap tahunnya untuk memikat para pembeli, namun bukan untung yang saya dapat tapi rugi yang saya peroleh, karena para pembeli hanya datang kesini untuk meminta kalender saja. Akhirnya saya berpikir untuk mengganti mesin foto copy saya yang lama dengan yang baru. Setelah diganti saya bisa memikat pembeli kembali, walaupun sedikit
Nisa : Berapa penghasilan Bapak perbulan?
Bapak Hapidin : Sekarang ± Rp.1.500.000 perbulan. Dulu dari penghasilan usaha ini saya bisa menyekolahkan 2 keponakan saya. Namun sekarang untuk menyekolahkan anak saya saja sulit, mungkin karena dulu usaha ini masih sedikit.
Nisa : Siapa yang selalu menyemangati Bapak agar tetap bertahan dalam persaingan ini?
Bapak Hapidin : Yang pastinya kelurga saya, istri dan anak-anak saya yang selalu menyemangati saya dan bos tempat saya bekerja selalu memberikan nasihat untuk tetap bertahan.
Nisa : Ya sudah Pak, terima kasih atas informasinya serta terima kasih waktu yang bapak berikan, maaf jika saya mengganggu bapak.
Bapak Hapidin : Oh ya nak, sama-sama.
Nisa : Saya pamit pulang dulu, Pak. ( sambil berjabat tangan )













BAB 3
PENUTUP

  1. KESIMPULAN
Keberhasilan seseorang bisa diraih melalui perjuangan dan motivasi yang tinggi untuk maju. Dalam meraih cita-cita dan posisi yang dia tempati sekarang bisa diraih dengan perjuangan yang diharapkan bisa membangkitan motivasi generasi muda untuk maju meraih cita-cita mereka. Semangat dan pantang menyerah adalah kekuatan untuk bertahan dalam persaingan.
Keluarga adalah orang-orang yang selalu ada disamping dan didepan kita, yang selalu menyemangati kita ketika kita tidak bisa melakukan sesuatu, mereka menyemangati kita agar kita bisa melakukan sesuatu.
Saran
Jangan pernah putus asa dan tetap semangat dalam meraih cita-cita dan bercerminlah pada orang-orang yang berhasil meraih cita-citanya dengan penuh perjuangan.
Jangan berpangku tangan pada orang lain, berusahalah sendiri, contohnya dalam bekerja.




       2. Lampiran
Biografi Bapak Hapidin :
Narasumber yang saya wawancarai adalah Bapak Hapidin. Beliau adalah wiraswatawan yang sukses. Dari perantauannya, beliau bisa membuka usaha foto copy. Pertama ke kota beliau tidak punya pengalaman, tapi berkat kerja kerasnya beliau mendapat pekerjaan dan beliau mendapat pengalaman untuk membuka usaha foto copy. Beliau berwiraswata sejak tahun 1986. Beliau membuka usahanya di desa Klampok-Wanasari-Brebes.
Sebelum beliau membuka usaha foto copy, beliau menjadi karyawan di sebuah toko foto copy. Dengan tekat dan mental yang kuat beliau memutuskan keluar dari pekerjaannya dan membuka usaha foto copy. Dengan pengalaman yang beliau peroleh dari pekerjaannya dulu, beliau bisa membuka usaha ini.
Tahun demi tahun, hingga akhirnya banyak yang mengikuti usaha seperti beliau, tapi beliau tetap bertahan dalam persaingan berwiraswasta. Dan sampai sekarang beliau masih membuka usahanya di Jalan Raya Klampok No 59.




1 komentar: